Atasi Kemacetan, Pemkab Bogor Tindak Lanjuti Rencana Penataan Kawasan Dramaga Melalui Konsep Dramaga University Town

  • Bagikan
PENASILET.COM , KOTA BOGOR-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama IPB University dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia bahas rencana kerja sama, menindaklanjuti rencana penataan kawasan Dramaga melalui konsep Dramaga University Town.
Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra menghadiri secara langsung pembahasan tersebut, di Meeting Room B, IPB IICC Botani Square, Kota Bogor, Jumat (17/5). Hadir pada pertemuan tersebut, Wakil Rektor IPB University bidang riset inovasi dan pengembangan agromaritim, Ernan Rustiadi, perwakilan Kementerian PUPR, beserta jajaran Pemkab Bogor.
Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra menjelaskan, pertemuan hari ini dalam rangka tidak lanjut dari pertemuan sebelumnya antara Pj. Bupati Bogor, Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR, dan Rektor IPB University yang membahas penataan kembali Universitas IPB yang disesuaikan dengan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Bogor di wilayah Dramaga.
“Di pertemuan sebelumnya kita sudah banyak diskusi, yang ditindaklanjuti hari ini dengan membahas kaitan isi dari Memorandum of Understanding (MOU) yang akan kita sepakati bersama. Penataan kawasan Dramaga melalui konsep Dramaga University Town ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan di Bogor Barat,” jelas Suryanto.
Suryanto mengatakan, intinya Pemkab Bogor mendukung kerja sama yang akan dilakukan untuk menata kawasan Dramaga. Kami sangat berterima kasih karena IPB University dan pemerintah pusat sama-sama memikirkan untuk menata kawasan Dramaga dan Bogor Barat. Penataan ini sangat diperlukan, terutama dalam menunjang rencana pembangunan jalan lingkar dari Leuwiliang menuju Rancabungur, kemudian pengembangan jalan lingkar Dramaga.
“Jika Pemkab Bogor bergerak, pemerintah pusat bergerak, IPB University bergerak, insya Allah penataan ini bisa terwujud dengan baik. Setidaknya kita sudah mempersiapkan bilamana Bogor Barat menjadi daerah otonomi baru,” tandas Suryanto Putra.
Selanjutnya, Wakil Rektor IPB University bidang riset inovasi dan pengembangan agromaritim, Ernan Rustiadi mengungkapkan, hari ini membahas terkait kerja sama pengembangan Dramaga University Town, yang juga di dalamnya termasuk menata kawasan sekitar kampus IPB di Dramaga. Tren berkembangnya kawasan perkotaan akibat kehadiran perguruan tinggi itu terjadi di berbagai negara termasuk di Indonesia.
“Yang terjadi biasanya kampus berkembang, mahasiswanya semakin banyak, dampaknya terjadi kemacetan di sekitarnya. Maka ada keinginan bagaimana kita lakukan penataan sekitar kampus IPB Dramaga yang begitu pesat pertumbuhannya, sebelum semakin tidak terkendali perkembangannya,” ungkap Ernan.
Ernan menambahkan, alhamdulillah dari Kementerian PUPR dan Pemkab Bogor menyambut baik kerjasama ini, termasuk di dalamnya adalah rencana pengembangan jalan tol yang akan melewati kampus IPB di Dramaga, jalan lingkar Dramaga, dan lingkar Leuwiliang – Rancabungur.|mco
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!