Dirlantas Polda Banten Buka Pelatihan Peningkatan Kemampuan Safety Riding dan Driving

  • Bagikan

Penasilet.com Serang – Dalam rangka menghadapi tantangan tugas pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Ditlantas Polda Banten melaksanakan pelatihan peningkatan kemampuan personel Ditlantas dan Ditsamapta Poda Banten yaitu Safety Riding dan Driving yang bertempat di aula Ditlantas Polda Banten pada Senin (28/11).

 

Kegiatan dibuka oleh Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto dan dihadiri Kabagbinops Ditlantas Polda Banten Akbp Sujoko, Kasubdit Gakkum Kompol Sonny Harsono, Kasubdit Kamsel Kompol Kamarul Wahyudi selaku Tim Pelatih safety riding dan driving.

 

Dalam arahannya Budi menyampaikan bahwa Polda Banten akan menghadapi tantangan tugas kedepan yaitu pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, “Kita akan menghadapi tugas kemanusiaan yaitu Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Provinsi Banten tidak lepas dari perpindahan dua Model transportasi yaitu darat dan laut dengan tata cara yang berbeda. Provinsi Banten juga berpotensi sebagai alternative wisata selain Bogor dan Bandung dengan Wisata Anyer dan Carita. Banten juga merupakan salah satu Provinsi yang rawan terjadi bencana alam yaitu gempa bumi, banjir, serta tsunami,”kata Budi.

 

Budi juga menjelaskan pentingnya kolaborasi personel Ditlantas dan Ditsamapta, “Maksud dari kegiatan ini yang paling penting adalah untuk menyamakan persepsi, dimana para peserta pelatihan harus paham tujuan pengurai macet, disini juga harus dilakukan kolaborasi antara personel Ditlantas dan Ditsamapta dengan harapan pelaksanaan kerja sama terjalin dengan baik,” ujar Budi.

 

Kemudian Budi menerangkan gambaran situasi arus lalu lintas jika terjadi kemacetan, “Skenario situasi yang dibuat dalam pelatihan ini adalah gambaran situasi arus lalu lintas yang macet atau terjadi antrian kendaraan, dan kita harus mengetahui apa yang seharusnya dilakukan pada titik-titik kemacetan, seperti jalur menuju ke Pelabuhan Merak, jalur alternative menuju ke Pelabuhan Merak, jalur menuju ke Pelabuhan Badar Bakau Jaya (BBJ) Bojonegara dan jalur menuju ke Pelabuhan Pelindo II Ciwandan,” terang Budi.

 

Sementara itu Budi juga menyampaikan bahwa Ditlantas dan Ditsamapta tergabung dalam Tim Raicet, “Dua Satuan Kerja (Satker) yaitu Ditlantas dan Ditsamapta Polda Banten tergabung dalam Tim Pengurai Kemacetan (Raicet) yang merupakan satuan Elit, sehingga dengan kehadirannya masyarakat merasa aman dan terlayani, tugas Satgas Raicet dari mulai mengurai kemacetan dan menjaga agar tidak macet dalam eskalasi tertentu juga diharapkan terjadinya kolaborasi kerjasama yang baik antara Ditlantas dan Ditsamapta Polda Banten,” ucap Budi.

 

Lebih lanjut Budi mengatakan perbedaan Lebaran dan Nataru saat ini, “Ketika Lebaran Pelabuhan yang dibuka hanya satu yaitu Pelabuhan Merak, sedangkan pada hari-hari khusus seperti tanggal 23, 24, 25, 30, 31 Desember 2022 dan tanggal 1 Januari 2023, seluruh kendaraan angkutan barang yang menuju ke Sumatera diarahkan untuk menggunakan Pelabuhan Pelindo II Ciwandan Cilegon, Pelabuhan Indah Kiat Merak dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) Bojonegara, sehingga hal ini memerlukan kehadiran personel Polri dalam pengamanan jalur untuk memperlancar arus lalu lintas,” lanjut Budi.

 

  1. Diakhir Budi berharap agar personel pengamanan dapat mengontrol sikap dan perilaku guna memberikan kenyamanan kepada masyarakat, “Sebagai tambahan dan sifatnya perintah, bagaimanapun lelahnya atau ketika kondisi sedang emosi, personel pengamanan jangan melakukan aksi berlebihan kepada masyarakat, sampaikan edukasi, informasi dan pemahaman kepada masyarakat terutama pengguna jalan dengan bahasa yang baik dan simpatik,” tutup Budi.

 

( Nena )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!